Cara Membuat PDF dar Ms. Word 2007

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. File PDF berasal dari file dokumen office  yang kemudian dikonversi ke dalam format portable. Tujuan dari konversi ini sendiri adalah untuk menjadikan file dokumen menjadi lebih ringkas dan efisien untuk dibaca.
Ada beberapa cara untuk mengkonversi file office menjadi PDF. Cara yang pertama adalah dengan bantuan sebuah software tambahan, salah satunya adalah PDF Creator. Software ini berlisensi free alias gratis. Cara kerja PDF Creator ini cukup mudah, mekanismenya sama ketika kita melakukan proses pencetakan/print dokumen. Ubah pilihan printer option “Printer” menjadi PDF Creator, kemudian tekan Print.

pdf
Dan ikuti instruksi selanjutnya (Pemberian nama & tempat penyimpanan), kemudian save, Selesai.
Cara yang kedua, bisa diaplikasikan jika anda menggunakan Microsoft office 2007, anda hanya membutuhkan sebuah plug-in untuk Microsoft office 2007. Plug-in yang dibutuhkan adalah “save as pdf and xps”. Setelah anda mendapatkan plug-in tersebut, lakukan instalasi sampai selesai. Setelah itu, untuk mengkonversi file office menjadi PDF, anda hanya perlu melakukan “save as” dan kemudian pilih option “save as pdf  or xps”, kemudian save, selesai.
Cara yang ketiga, bisa diaplikasikan jika anda menggunakan Microsoft Office 2010. Ini adalah cara yang paling mudah, karena Microsoft Office 2010 telah menyediakan fitur pengkorvesian kedalam format PDF tanpa memerlukan software dan plug-in tambahan. Anda hanya perlu melakukan “save as”, dan pilih format pdf, save, selesai.
save
Semoga bermanfaat……
Untuk Software dan Plug-in tambahan, bisa di unduh disini :
PDF Creator
Plug-in “Save As PDF And XPS”

No comments:

Post a Comment